http://azberita.blogspot.com/

Senin, 19 November 2012

Jaket touring

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kata ini.
Ya, jaket sudah menjadi tren sekarang. Jika dulu hanya dipakai sebagai pelindung tubuh waktu cuaca dingin dan panas, sekarang jaket sudah semakin banyak kegunaannya.

Ini hanya sebagian dari fungsi jaket yang bisa saya sebutkan.
Jaket gaul, jaket motor (motorcycle jacket), jaket olahraga (sport jacket), jaket kantor (office jacket), jaket touring (touring jacket), jaket balap (racing jacket), jaket hujan (raincoat) atau biasa orang bilang jas hujan, jaket musim dingin (winter jacket), jaket penyelamat (safety jacket) dan lain-lain.
Yang ingin saya bahas tentang jaket di sini adalah Jaket Motor.

Jaket motor adalah merupakan kebutuhan yang sangat penting akhir-akhir ini. Dari data yang kami dapatkan, sampai dengan saat ini tingkat populasi sepeda motor khususnya di Jakarta telah mencapai angka 3,5 juta juta motor (kompas ) – banyak ya.

Fungsi utama jaket motor adalah untuk mengurangi resiko jika terjadi kecelakaan selain sebagai pelindung tubuh.

Jaket motor itu sendiri banyak jenisnya, di tulisan saya akan membagi jaket motor berdasarkan fungsinya bukan berdasarkan jenis bahan yang dipakai.

Jaket motor saya bagi menjadi, yaitu jaket motor harian, jaket semi touring, jaket motor touring, dan jaket motor balap.

contoh jaket motor harian
Jaket Motor Harian
Jaket motor jenis ini fungsi utamanya untuk keperluan sehari-hari, contohnya: ke kantor, tukang ojek, bekendara jarak dekat. Jaket jenis ini haruslah dibuat dari bahan yang nyaman, karena biasa dipakai hampir setiap hari.
Bahan yang cocok untuk jaket motor harian ada beberapa, seperti: kulit domba, bahan dari kulit sangat nyaman dipakai siang dan malam hari. Tapi jaket motor dari bahan kulit harganya lumayan tinggi (bukan mahal lho, kalo banyak duit mah gak ada yang mahal). Ada jaket motor dari bahan taslan, bahan ini relative murah sehingga harga jual jaketnya juga relative rendah dan banyak yang memakai jaket motor berbahan taslan ini. Bahan taslan jika memakai lapisan karet (coating latex) menjadi bahan anti air, cukup menahan air sampai 80%. Paling air merembes ke dalam jahitan jaket saja. Bahan yang lain adalah parasit, bahan jaket motor jenis ini biasanya dipakai untuk jaket dealer motor. Bahan parasit paling murah tapi kualitas rendah sehingga pihak dealer motor biasa memilih bahan ini.

contoh jaket motor semi touring
Jaket Motor Semi Touring
Jaket model ini bisa dipakai untuk harian juga touring. Bahan dibuat dari bahan tipis, seperti taslan, piyu, micro cv, osfor, atau kulit domba juga bisa. Jaket model ini hanya dilengkapi dengan protector busa yang tidak terlalu tebal, tapi dari segi keamanan terjamin. Jika ingin tidak panas dapat dilengkapi dengan bahan yang tembus angin seperti mesh dari kain atau jala. Jaket yang memakai kombinasi mesh tidak terasa panas waktu dipakai berkendara, karena angin akan masuk ke dalam badan pemakai.





contoh jaket motor touring
Jaket Motor Touring
Jaket motor jenis ini fungsi utamanya pada keamanan. Biasanya jaket motor touring dipakai untuk jarak jauh, keluar kota contohnya. Jaket motor touring biasa dipakai klub atau community motor yang sedang marak akhir-akhir ini. Jaket motor touring biasanya speknya lebih tinggi dari jaket motor harian. Jaket motor touring harus memakai protector untuk keselamatan pengendara. Protector bisa diletakkan di pundak/bahu, lengan/siku, belakang, depan (untuk menahan terpaan angin). Protector untuk jaket jenis ini biasanya memakai fiber atau karet press yang tebal dan kuat. Bahan yang cocok untuk jaket jenis ini adalah bahan yang agak kaku/keras. Contohnya, bahan D300, D600, Cordura, Dobby. Dari jenis kulit mungkin kulit kambing atau sapi yang paling cocok. Jika bahan kulit mahal, maka ada alternative bahan semi kulit yaitu bahan Oscar. Bahan Oscar teksturnya mirip dengan kulit, hanya lebih berat jika sudah jadi jaket.

Jaket Motor Balap
Jaket motor jenis ini biasanya berupa wearpack, yaitu terusan jaket dan celana. Jaket motor balap haruslah memenuhi standar keselamatan yang tinggi. Full protector di pundak, lengan, belakang, lutut, kaki. Bahan yang digunakan pun mungkin hanya kulit sapi yang paling cocok. Karena kulit sapi relative kuat jika menghadapi benturan. Selain kulit bahan yang cocok untuk jaket motor balap adalah bahan semi kulit atau Oscar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar