http://azberita.blogspot.com/

Senin, 28 Januari 2013

cara meredakan perih di kulit akibat terbakar sinar matahari


Pantai biasanya menjadi lokasi favorit di musim liburan, tapi hati-hati jika tidak menggunakan krim tabir surya dengan tepat, kulit Anda bisa terbakar.
Jika hal itu terjadi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa perih sekaligus mengatasinya peradangan.
Air dingin
Salah satu cara efektif untuk membantu mengatasi kulit terbakar adalah dengan berendam di dalam air dingin. Tapi, hindari air kolam renang, karena kandungan klorin didalamnya justru bisa membuat iritasi kulit jadi makin parah.
Baking soda dan oatmeal
Cara natural untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi pada kulit dengan berendam di air dingin yang dicampur bersama baking soda dan oatmeal. Rendam kulit selama kurang lebih 10 menit untuk meredakan iritasi sekaligus mengunci kelembapan alami kulit. Setelah berendam, keringkan tubuh dengan cara tepuk-tepuk handuk perlahan. Jangan menggosok handuk karena bisa membuat kulit terasa makin perih.
Lidah buaya
Satu lagi cara alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi kulit terbakar adalah dengan menggunakan lidah buaya. Simpah lidah buaya dalam lemari pendingin, kemudian oleskan daging tumbuhan itu ke bagian kulit yang terbakar. Gel yang terdapat dalam lidah buaya mampu mengatasi rasa perih dan menghentikan peradangan.
Gunakan pelembap
Pilih krim atau lotion tubuh yang bebas wewangian serta dikhususkan untuk kulit sensitif. Oleskan setiap habis mandi untuk membantu atasi kulit terbakar sedikit demi sedikit.
Hindari busana ketat
Untuk sementara jangan memakai baju atau celana terlalu ketat, karena gesekan kain dengan kulit bisa memperparah kulit terbakar. Bahan katun merupakan bahan yang terbaik, karena selain lebih dapat menyerap keringat, bahan ini juga lebih terasa lembut di kulit.
Teh chamomile
Tak hanya bisa menenangkan tubuh dan pikiran, teh chamomile juga dipercaya mampu mengatasi peradangan pada kulit. Seduh teh seperti biasa, lalu diamkan hingga dingin. Setelahnya, rendam handuk atau kain dalam teh dan kompres pada bagian kulit yang terbakar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar