http://azberita.blogspot.com/

Rabu, 09 Januari 2013

6 tips perawatan kulit agar wajah bebas minyak


Jika Anda memiliki kulit berminyak, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut adalah tips perawatan kulit agar wajah Anda bebas dari minyak.
Bersihkan dengan tepat
Pada wajah dengan kulit berminyak, daerah T yaitu bagian di atas alis dan hidung biasanya merupakan bagian yang paling sering terlihat mengilap. Untuk membersihkannya, maka Anda harus memakai produk pembersih yang tepat dan memang diformulasikan untuk kulit berminyak. Hindari pembersih yang mengandung alkohol dan batasi pembersihan muka sebanyak dua kali sehari. Terlalu sering mencuci wajah hanya akan menyebabkan iritasi kulit yang akhirnya memproduksi lebih banyak minyak.
Pakai pelembap
Jangan berpikir karena kulit Anda berminyak, maka Anda tak butuh pelembap wajah. Sebaiknya pilih pelembap yang memiliki bahan dasar air serta kandungan non-comedogenic dan bebas minyak. Jika Anda memiliki kulit kombinasi, maka sapukan pelembap tipis-tipis di daerah T dan tebal di bagian pipi yang biasanya kering.
Rawat dengan masker
Secara rutin, rawat kulit menggunakan masker wajah yang bisa membersihkan pori-pori sekaligus menyerap kelebihan minyak. Pilih masker dengan kandungan clay, timun, atau tea tree oil yang sangat cocok untuk kulit berminyak.
Pakai kertas minyak
Pemilik wajah berminyak punya kecenderungan mudah mengilap ketika memakai makeup. Untuk mengatasinya, gunakan kertas minyak untuk menyerap kelebihan minyak dan jangan sesekali menumpuk wajah Anda dengan foundation atau bedak.
Pilih bedak padat
Pressed powder atau bedak padat merupakan tipe bedak yang paling ideal untuk kulit berminyak, karena bedak ini bisa mengontrol kulit mengilap lebih baik dibanding loose powder. Sementara untuk rias wajah lainnya, sebaiknya hindari yang berjenis krim karena hanya akan membuat wajah Anda terlihat lebih berminyak.
Rias wajah matte
Untuk pemilihan rias wajah, selalu pilih yang jenis matte dan hindari rias wajah shimmer atau glossy. Anda juga bisa memilih bedak dan foundation yang menggunakan bahan mineral, karena akan membuat riasan lebih natural tanpa kilap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar