http://azberita.blogspot.com/

Kamis, 10 Januari 2013

makanan sehat untuk rambut berkilau


Ada banyak produk perawatan rambut yang mengklaim dapat menjadikan rambut sehat, indah, dan berkilau. Namun, sumber dari keindahan rambut berasal dari apa yang Anda makan.
Sama seperti kulit, perawatan rambut juga harus diimbangi dengan asupan nutrisi dari dalam tubuh. Beberapa makanan ini ternyata memiliki efek yang baik untuk rambut indah.
  • Ikan
Ikan, seperti salmon, halibut, atau sarden memiliki nutrisi yang baik untuk rambut, salah satunya Omega3. Omega3 berfungsi untuk menghindari rambut dari kekeringan, ketombe, dan rambut kusam.
“Kandungan Omega3 membantu menjaga kulit kepala tetap sehat, menunjang kekuatan folikel rambut, dan membuat rambut tampak lebih tebal,” ujar Cynthia Sass, ahli nutrisi asal New York.
Untuk Anda yang vegetarian, Omega3 dapat Anda peroleh melalui biji rami, kacang walnut, dan biji labu.
  • Daging Sapi dan Seafood
Kedua jenis makanan ini kaya protein yang dapat merangsang pertumbuhan rambut baru.
“Tanpa protein yang cukup, rambut Anda akan rapuh dan mudah patah,” ujar Sass.
Kerang, kepiting, daging sapi, dan daging babi juga kaya zinc yang merupakan zat esensial untuk menjaga rambut dari kerontokan. Vegetarian dapat memperoleh zinc melalui sereal sarapan atau tahu dan tofu.
  • Kacang-kacangan dan Telur
Selain mengandung protein, kacang-kacangan juga kaya akan zat besi.
“Kacang-kacangan seperti almon, pecan, atau kacang brazil memenuhi kebutuhan selenium dan zinc untuk tubuh. Zinc berguna untuk mencegah rambut rontok,” ujar Sass.
Zinc juga banyak terdapat dalam daging sapi, susu, telur, gandum, kerang, kepiting, maupun lobster. Zinc dalam kacang mete dan magnesium dalam kacang almon juga kunci untuk pertumbuhan rambut.
“Anda dapat mengonsumsi makanan kaya zat besi untuk menghindari efek anemia yang berujung pada kerontokan rambut,” ujar Sass.
Kacang hitam kaya vitamin B yang mendukung pertumbuhan rambut dan sirkulasi darah di kulit kepala. Vitamin B5 dan asam pantotenic juga biasa ditemukan pada telur, gandum, kurma, kentang, alpukat, dan kembang kol. Makanan-makanan tersebut menjaga rambut memutih dini, menurut Sarah-Jane Bedwell, ahli nutrisi dari Nashville.
  • Sayuran Hijau
sayuran hijau memberikan beragam nutrisi penting untuk rambut kuat dan berkilau. Buncis dan bayam mengandung vitamin B yang membantu pertumbuhan rambut dan melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala. Edamame dan bayam mengandung magnesium yang merangsang pertumbuhan rambut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar