http://azberita.blogspot.com/

Kamis, 10 Januari 2013

tips saat membeli berlian


Memiliki perhiasan berlian tak hanya bisa melengkapi penampilan, tapi juga dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Sebelum memutuskan untuk membeli perhiasan itu, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami karena ada faktor-faktor yang menentukan nilai berlian itu.
Berlian itu merupakan batu permata yang memiliki tingkat kekerasan yang paling tinggi, terbentuk secara alami, sehingga dapat menggores batu yang lain.
Felix Claudius, Brand Manager Swan Jewellery Pondok Indah Mall, mengatakan dari segi ukuran berlian itu dapat dibedakan dua kategori.
Kategori pertama berlian ukuran sama dan lebih dari 0,30 karat mendapatkan setirfikat internasional dari Gemological Institute of America (GIA) di AS, sedangkan kategori kedua berlian ukuran kecil yang berat di bawah 0,30 karat mendapatkan sertifikat dari toko perhiasan.
Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum membeli berlian. Tingkatan berlian ditentukan oleh 4C (carat, cut, color, clarity) yang masing-masing C itu juga mempunyai tingkatannya. Pada akhirnya 4C itu dapat mempengaruhi harga perhiasan berlian.
Cut merupakan bentuk irisan dari berlian itu, karena dari hasil bentuk irisan itu dapat mempengaruhi pancaran sinar dari berlian.
Felix mengatakan terdapat beberapa macam cutting, misalnya ada yang lebarnya lebih dari tinggi, atau tingginya yang lebih dari lebar.
Clarity atau kejernihan, merupakan tingkat kejernihan berlian yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata, tapi dengan menggunakan kaca pembesar. Semakin bening dan tidak ada cacat bintik-bintik warna pada berlian itu, maka semakin bagus kualitasnya.
Carat atau berat merupakan berat dari berlian itu. Berlian yang beratnya sama dan lebih dari 0,30 karat memiliki sertifikat dari lembaga setifikasi dunia, GIA, sedangkan untuk berlian ukuran kecil medapatkan sertifikat dari toko.
Color atau warna perhiasan berlian juga mempunyai tingkatan yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Semakin putih warna berlian itu, maka semakin mahal harganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar