http://azberita.blogspot.com/

Kamis, 10 Januari 2013

Tips perawatan berlian agar tetap berkilau


Berlian adalah jenis batu mulia yang memiliki kilau cemerlang dan tingkat kekerasan paling tinggi di antara bebatuan lainnya. Agar kilauannya tidak pudar akibat kotoran pada bagian permukaan, perawatan berlian juga penting untuk dilakukan.
Berikut adalah beberapa tips perawatan perhiasan berlian menurut Felix Claudius, Brand Manager Swan Jewellery Pondok Indah Mall.
  • Penyimpanan perhiasan berlian harus dipisahkan antara satu perhiasan dan perhiasan lainnya, karena berlian dapat mengores perhiasan lainnya. Pemisahannnya dapat dilakukan dengan memakai kotak penyimpanan perhiasan, namun dapat pula menggunakan plastik kecil.
  • Pancaran sinar berlian itu bisa pudar, karena pada bagian permukaannya terdapat debu atau minyak, tapi pada bagian dalam berlian itu tidak apa-apa. Cara membersihkannya di rumah tidak bisa sembarangan, harus menggunakan air hangat dan sabun berformula lembut, lebih aman menggunakan sabun khusus untuk mencuci tangan.
  • Sikat lembut dengan menggunakan sikat gigi anak-anak yang lembut. Setelah membersihkan, letakan di atas handuk dan tekan-tekan ringan untuk mengeringkannya.
  • Jangan lupa selalu membersihkan berlian dengan kain lembut setiap selesai memakainya. Di setiap toko perhiasan berlian juga biasanya terdapat layanan pencucian berlian yang diberikan gratis kepada pelanggan.
  • Lalu hindari makeup, parfum, dan hairspray yang bisa menyebabkan pantulan berliannya agak redup. Kenakan anting, kalung, cincin atau gelang berlian kira-kira 5 menit setelah Anda menggunakan parfum, makeup atau produk-produk kosmetika lain yang mengandung kimia pada tubuh.
  • Perhiasan berlian dapat disimpan pada suhu kamar. Namun struktur carbon berlian akan sedikit berubah bila kena panas yang sangat tinggi, misalnya, waktu ada kebakaran. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar