http://azberita.blogspot.com/

Kamis, 10 Januari 2013

5 cara mengatasi kaki kering


Walaupun sering tertutup sepatu, bukan berarti Anda bisa mengabaikan kulit kaki yang kering dan pecah-pecah. Berikut adalah beberapa cara perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kaki kering.
Hindari mandi air panas
Mandilah dengan air dingin atau sebisa mungkin hindari air panas. Jangan mandi berendam lebih dari 10 menit, karena semakin lama Anda berendam dan semakin panas air mandi Anda maka kulit akan semakin dehidrasi.
Lakukan pengelupasan secara rutin
Lakukan exfoliating atau pengelupasan kulit secara rutin dengan menggunakan scrub lembut. Sebelum melakukan pengelupasan, rendam kaki dalam air hangat dan campurkan sedikit garam sebagai antiseptik. Gosok-gosok bagian tumit dan kaki untuk mengangkat kulit sel kulit mati. Setelahnya, bilas bersih dan saat kulit dalam keadaan lembap aplikasikan lotion.
Lembapkan sebelum tidur
Saat Anda hendak tidur, aplikasikan pelembap pada kaki Anda. Agar kelembapan tetap terjaga, pakai kaos kaki selama tidur. Pilih bahan lembut yang tetap memudahkan kulit untuk bernafas, misalnya katun.
Gunakan minyak zaitun
Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun hangat untuk melembapkan kulit kaki. Cara, teteskan minyak zaitun di tangan, gosok-gosok hingga terasa agak panas, lalu aplikasikan di bagian tumit kaki yang kering. Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga memiliki efek yang sama.
Pilih alas kaki sesuai
Setelah merawatnya, imbangi juga dengan memilih alas kaki yang sesuai. Sepatu atau sandal dengan tumit terbuka lebih memungkinkan kaki Anda lebih kering. Jadi selama perawatan, selalu gunakan sepatu tertutup dan hindari bertelanjang kaki saat berjalan di luar ruangan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar